Tuesday, April 30, 2013

Asam Urat

Apakah Asam Urat Itu ???

Penyakit asam urat adalah jenis artritis yang sangat menyakitkan disebabkan oleh penumpukan kristal pada persendian, akibat tingginya kadar asam urat di dalam tubuh. Sendi-sendi yang diserang terutama adalah jari-jari kaki, dengkul, tumit, pergelangan tangan, jari tangan, dan siku. Selain nyeri, penyakit asam urat juga dapat membuat persendian membengkak, meradang, panas, dan kaku.

Sekitar 90% penyakit asam urat disebabkan oleh ketidakmampuan ginjal membuang asam urat secara tuntas dari tubuh melalui air seni. Sebagian kecil lainnya karena tubuh memproduksi asam urat secara berlebihan. Penyakit asam urat kebanyakan diderita oleh pria di atas 40 tahun dan wanita yang telah menopause.

Diet Asam Urat
Bagi Anda yang dinyatakan positif mengidap penyakit asam urat, segera kontrol terhadap setiap makanan yang dikonsumsi. Pengaturan pola makan tepat harus segera dilakukan sebagai upaya diet asam urat. Diet asam urat tinggi adalah suatu keharusan. Kalau tidak, maka bersiap-siaplah Anda merasakan penderitaan yang sangat akibat serangan rasa nyeri di hampir seluruh tubuh. Tentu Anda tidak menginginkan hal itu terjadi bukan ???

Seperti yang kita ketahui bersama kadar asam normal untuk wanita 2,4 hingga 6 mg/dl, sementara bagi pria 3 hingga 7 mg/dl. Bagi Anda yang sudah mengidap penyakit asam urat, tentu kadarnya ada di atas itu. Agar kadar asam urat dapat kembali normal maka sangatlah disarankan segera melakukan diet asam urat. 

Dalam melakukan diet untuk asam urat, maka setiap penderita penyakit asam urat mengetahui berbagai macam makanan pantangan untuk  dihindari. Terlebih untuk diet asam urat tinggi maka jangan sekali-kali "menyentuh" makanan yang mengandung purin tinggi. Makanan yang dikonsumsi harus cukup kalori (sesuai dengan kebutuhan tubuh), tinggi karbohidrat, rendah lemak, tinggi cairan dan jauhkan sama sekali makanan yang mengandung alkohol.

Aturan Diet untuk asam urat.
  • Diet normal biasanya 600-1000 mg purin perhari. Sedangkan bagi penderita asam urat harus mengurangi kadar purin hingga kadar konsumsi sekitar 100 hingga 150 mg purin per hari
  • Dianjurkan mengkonsumsi sayuran yang tidak mengandung purin minimal 300 gr per hari kecuali asparagus, kacang polong, buncis, kembang kol, banyam dan jamur agar tetap dihindari.
  • Untuk meningkatkan atau memacu pembuangan asam urat melalui urine atau kencing, makan sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung karbohidrat kompleks seperti nasi, singkong, roti dan ubi tidak kurang dari 100 gr per hari
  • Hendaknya mengkonsumsi protein nabati (protein asal tanaman) dengan aturan maksimal 1gr/kg berat badan per hari atau kira-kira 50-70 gr/hr
  • Memperbanyak minum air putih minimal 2,5 liter atau 10 gelas per hari dan mengkonsumsi buah-buahan yang banyak mengandung air.
Kunjungi Produk terkait: (klik pada produk)

No comments:

Post a Comment