Saturday, August 25, 2012

Influensa

Apakah Anda sering merasa demam, badan menggigil, sakit kepala, mata berair, nyeri tenggorokan, pilek, bahkan batuk..??? 

Semua ini merupakan ciri khas penyakit yang disebabkan virus Myxovirus Influensa (influensa) atau sering disebut flu. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja terutama anak-anak. 

Saat pergantian musim yang kian tidak menentu, hal ini tentu menuntut kesiapan tubuh kita untuk mampu menghadapi berbagai penyakit yang mungkin menyerang. Lemahnya sistem kekebalan tubuh (immunitas) juga merupakan pemicu penyakit ini. 

Influensa digolongkan sebagai penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA). ISPA adalah infeksi saluran pernafasan atas atau bawah yang disebabkan oleh masuknya kuman atau virus ke dalam organ saluran pernafasan. Beberapa penyakit yang diklasifikasikan sebagai ISPA antara lain Rinitis simpleks, sinusitis, faringitis, dan tonsilitis (amandel).
Jangan Anggap Sepele Influensa 

Penyakit Radang Paru-Paru
Influensa merupakan infeksi akut yang mudah menular. Keadaan yang perlu diwaspadai adalah influensa dapat menurunkan daya tahan tubuh penderita, sehingga penderita akan mudah terinfeksi bakteri lain (infeksi sekunder) yang menimbulkan komplikasi. Komplikasi yang paling sering terjadi adalah Pneumia atau penyakit radang paru-paru.     

Sebagai perbandingan, Negara maju seperti Amerika setiap tahun 10-20% penduduknya terserang influensa. Sebanyak 114.000 orang harus menjalini perawatan di rumah sakit karena penyakitnya berkembang menjadi komplikasi, sebanyak 36.000 orang mengalami komplikasi yang berakhir dengan kematian. 

Belum ada obatnya…???
Hingga kini, influensa belum ada obatnya. Peranan vitamin C dosis tinggi untuk menanggulangi influensa masih kontrofersi. Obat yang beredar sekarang bukan untuk menyembuhkan atau membunuh virus influensa, obat yang ada hanya ditujukan untuk meringankan gejala influensa sehingga dapat mengurangi penderitaan yang dialami.
Influensa merupakan self limited disease, artinya penyakit yang dapat sembuh sendiri sering dengan pulihnya pertahanan tubuh alamiah, kecuali jika telah terjadi komplikasi. 

Kunjungi (klik pada produk terkait)Sirup Gurah Al-Afiat

No comments:

Post a Comment