Saturday, February 2, 2013

Kurma


Manfaat Kurma
Wideshot Metro TV
(Klik pada gambar untuk melihat video)
Khasiat:
1. Buah kurma kaya dengan zat garam mineral.
Zat garam mineral yang menetralisasi asam, seperti Kalsium dan Potasium. Buah kurma adalah makanan terbaik untuk menetralisasi zat asam yang ada pada perut karena meninggalkan sisa yang mampu menetralisasi asam setelah dikunyah dan dicerna yang timbul akibat mengkonsumsi protein seperti ikan dan telur.
2. Meningkatkan Stamina. 
Kandungan Glukosa dan Fruktosa memberikan energi yang siap pakai dengan hanya butuh waktu 5 - 10 menit.
3. Membantu Proses Pemulihan Demam Berdarah
Kandungan Glukosa dan Fruktosa yang tinggi membantu dalam proses pemulihan energi pasien demam berdarah. Protein dan asam amino, glukosa, mineral-mineral (Mg, kalium, kalsium, sulfur) membantu mengembalikan volume plasma darah dan konsentrasi trombosit darah.
4. Membantu Pencegahan Penyakit Hati (Liver). 
Flavones, flavonols berperan dalam pencegahan dan pemulihan penyakit hati.
5. Berperan sebagai Anti Oksidan. 
Polyphenol berperan bagi kekebalan tubuh terhadap infeksi dan serangan penyakit.
6. Baik untuk balita dan pertumbuhan anak. 
Lutein baik untuk balita dan pertumbuhan anak.
7. Membantu meredakan nyeri otot dan tulang. 
Asam malat dan magnesium membantu meredakan nyeri otot dan tulang.
8. Membantu mengatasi sembelit.
Adanya kandungan Pectin (serat) membantu mengatasi sembelit.
9. Mengurangi gejala menopouse. 
Sterol, mineral-mineral kalium, kalsium, sulfur, membantu proses keseimbangan hormon esterogen.
10. Berfungsi sebagai penambah nafsu makan. 
11. Membantu menurunkan demam. 
12. Membantu pencegahan penyakit stroke. 
13. Menenangkan sel-sel saraf melalui pengaruhnya terhadap kelenjar gondok. 
Para dokter menganjurkan memberikan beberapa buah kurma di pagi hari kepada anak-anak dan orang lanjut usia, agar kondisi kejiwaannya lebih baik.
14. Buah kurma yang direbus dapat memperlancar saluran kencing.
15. Buah kurma Ajwah digunakan sebagai alat ruqyah dan mencegah dari ganguan jin.
16. Hidangan berbuka puasa. 
Ada hal yang sudah ditetapkan dalam bidang kedokteran bahwa gula dan air merupakan zat yang pertama kali dibutuhkan orang berpuasa setelah melalui masa menahan makan dan minum. Berkurangnya glukosa (zat gula) pada tubuh dapat mengakibatkan penyempitan dada dan gangguan pada tulang-tulang. Dilain pihak, berkurangnya air dapat melemahkan dan mengurangi daya tahan tubuh. Hal ini berbeda dengan orang berpuasa yang langsung mengisi perutnya dengan makanan dan minuman ketika berbuka. Padahal ia membutuhkan tiga jam atau lebih agar pencernaannya dapat menyerap zat gula tersebut. Oleh karena itu, orang yang menyantap makanan dan minuman ketika berbuka puasa tetap dapat merasakan fenomena kelemahan dan gangguan-ganguan jasmani akibat kekurang zat gula dan air.
17. Mengandung vitamin A.
Dapat memelihara kelembaban dan kejelian mata, menguatkan penglihatan, pertumbuhan tulang, metabolisme lemak, kekebalan terhadap infeksi, kesehatan kulit serta menenangkan sel-sel saraf.
18. Baik untuk wanita hamil, melahirkan dan menyusui. 
Kandungan Glukosa, Fruktosa dan Vit. B1 sangat membantu untuk mengontrol laju gerak rahim dan menambah masa sistolenya (kontraksi jantung ketika darah dipompa ke pembuluh nadi). Zat besi, kalsium dan asam folat, hormon yang mirip oxitosin berperan dalam perkembangan janin, mempermudah proses kelahiran dan menstimulasi pengualaran air susu.
Buah kurma matang sangat kaya dengan unsur kalsium dan besi. Sangat dianjurkan bagi perempuan yang sedang hamil dan yang akan melahirkan.  Kadar besi dan Kalsium yang dikandung buah kurma matang sangat mencukupi dan penting sekali dalam proses pembentukan air susu ibu. Kadar zat besi dan Kalsium yang dikandung buah kurma dapat menggantikan tenaga ibu yang terkuras saat melahirkan atau menyusui. Zat besi dan Kalsium merpuakan dua unsur efektif dan penting bagi pertumbuhan bayi. Alasannya , dua unsur ini merupakan unsur yang paling berpengaruh dalam pembentukan darah dan tulang sumsum.

Penelitian terbaru menyatakan kurma basah mempunyai pengaruh mengontrol laju gerak rahim dan menambah masa systolenya (kontraksi jantung ketika darah dipompa ke pembuluh nadi). Perempuan hamil yang akan melahirkan sangat membutuhkan minuman dan makanan kaya unsur gula, karena banyaknya kontraksi otot-otot rahim ketika akan mengeluarkan bayi, terlebih lagi apabila hal itu membutuhkan waktu yang lama. Kandungan gula dan vitamin B1 sangat membantu mengontrol laju gerak rahim dan menambah masa sistolenya (kontraksi jantung ketika darah dipompa ke pembuluh nadi). Kurma basah mencegah terjadi pendarahan bagi perempuan-perempuan ketika melahirkan dan mempercepat proses pengembalian posisi rahim seperti sediakala sebelum waktu hamil yang berikutnya. Hal ini karena dalam kurma segar terkandung hormon yang menyerupai hormon oxytocine yang dapat membantu proses kalahiran. Hormon oxytocine adalah hormon yang salah satu fungsinya membantu ketika wanita atau pun hewan betina melahirkan dan menyusui. Memudahkan persalinan dan membantu keselamatan sang ibu dan bayinya. Kurma kering berfungsi menguatkan sel-sel usus dan membantu melancarkan saluran kencing karena mengandung serabut-serabut yang bertugas mengontrol laju gerak usus dan menguatkan rahim terutama ketika melahirkan.

Kurma adalah buah, makanan, obat, minuman sekaligus gula-gula. 

Kunjungi: (klik pada produk terkait)

No comments:

Post a Comment